Filsafat Agama Islam Part1 (Ilustrasi Filsafat Agama Islam)

“Malu bertanya sesat dijalan”. Pribahasa ini sejatinya tak sekedar nasehat belaka. Namun juga menggambarkan tentang karakteristik filsafat. Kenapa penulis berani menjustifikasi demikian? Karena orang berfilsafat adalah orang yang kritis. Karakter orang yang kritis selalu memunculkan pertanyaan dan selalu mencari jawaban dibalik pertanyan demi pertanyaannya. Lantas, pertanyaannya sekarang, adakah filsafat agama Islam?
Mencari jawaban tersebut secara rill di dalam al-Qur’an maupun Hadis Rasulullah Saw tentu saja tidak akan ditemukan. Namun di dalam al-Qur’an banyak sekali ayat yang menunjukkan bahwa filsafat agama Islam memang ada. Lihat saja dari ayat-ayat yang menunjukkan perenungan atau ayat-ayat mengandung pertanyaan.
Karena Al-Quran sendiri mengajarkan tentang cara berfilsafat dengan baik. Allah di dalam wahyu-Nya tersebut kerap menyuruh manusia berpikir. Allah berulang kali menyebutkan kalimat, “apakah kamu tidak berpikir, apakah kamu tidak berakal atau apakah kamu tidak mengerti”.  Hal ini menunjukkan bahwa Allah mengingatkan manusia, bahwa filsafat agama Islam memang ada, dan setiap muslim mestinya berfilsafat mengenai apa yang diajarkan oleh agamanya.

Kunjungi pula http://anneahira.com
Share:

0 komentar: