Soleboh | Wahyu Lintang Johar

Sejauh Soleboh memenjalani "Laku Tapa" di berbagai tempat,
Ia mendapat "Wahyu Lintang Johar" dibeberapa kali pertapaannya di tempat yang berbeda-beda.
Lantas Lintang Johar itu mewujudkan diri dalam wujud "Kanjeng Ratu Segara Kidul" yaitu wanita berparas cantik berkemben hijau.
Namun terkadang menamakan diri sebagai Nyi Ratu Kidul, Nyi Roro Kidul, Kanjeng Raja Naga Kidul, dan sebagainya yang semua mengaku sebagai penguasa laut selatan.
Dan dalam kemunculannya ditempat yang berbeda, Beliau menceritakan tentang dirinya dalam cerita yang berbeda dan terkadang berlawanan.
Baru pada "Laku Tapa" yang terakhir, Soleboh mendapat "Wahyu Cahya Dumilah" yang berubah wujud menjadi Hajjah Ratu Kidul.
Dalam wujud ini, Hajjah Ratu Kidul berparas cantik dan memakai kerudung besar dan jilbabnya yang menutup seluruh auratnya.
Hajjah Ratu Kidul paring sabda, "Soleboh, sejatinya banyak jin yang mengaku-ngaku sebagai Ratu Kidul, sehingga engkau akan dibuat bingung oleh kisah-kisahnya yang berbeda di setiap daerah. Toh jin itu bebas mengaku-ngaku sebagai siapapun kecuali mengaku sebagai Nabimu."
Soleboh yang cerdik itu "nyeplos", "Oh, jadi Ratu Kidul itu banyak dan dari jin yang berbeda-beda, termasuk anda pun hanya mengaku sebagai Ratu Kidul."
Dengan wajah agak marah, Hajjah Ratu Kidul berpaling dan menjauh dari Soleboh.
Share:

2 komentar:

Maryoto bin maridin mengatakan...

bagaimana kisah selanjutnya,kok kisahnya putus di tengah jalan,aku penasaran nih,

Suhari mengatakan...

Maaf, penulisnya sedang banyak kesibukan, selain itu dia beberapa waktu tidak bertemu soleboh, ditinggal kiai sahid. Mungkin kemarin sempat ketemu soleboh tapi belum ditulis lagi