Meneladani Edison

Bagi individu itu cukup meneladani kegigihan Edison dalam melakukan percobaan terhadap banyak sample untuk mendapatkan lampu pijar. Bahkan hasil kegigihannya dinikmati hingga kini.
Bagi seorang muslim alangkah indahnya jika berusaha dengan gigih sepertinya dan menjadi jariyah yang tiada putus hingga seluruh bumi mengalami pemadaman listrik serentak.
Namun bagi sebuah Company atau Society, keteladanan yang semestinya diambil adalah bagaimana Edison melakukan riset dengan dana yang luar biasa dan waktu yang luar biasa pula untuk menghasilkan produk yang luar biasa.
Iklim riset di masyarakat kita mungkin belum seluar-biasa iklim di lingkungan Edison. Sehingga impor produk jadi lebih sering menjadi pilihan. Seperti ketika masyarakat kita riset mengenai peralatan elektronik atau transportasi dan sebagainya, banyak yang memandang ringan, "alah paling juga produknya tidak lebih bagus dari merk A". Dan ketika ada bagian masyarakat kita yang mampu membuat ini, itu, biasanya akan dicari-cari kelemahannya agar proyek impor dan kerja sama sebuah negara tetap terjaga.
Share:

0 komentar: