Quran Mutlak Tafsir Relatif

Tidak ada Quran yang salah, karena Quran adalah mutlak benar, dan kebenarannya adalah dalam penjagaan Allah yang Maha Berilmu.
Tidak ada tafsir yang sepenuhnya benar, karena tafsir adalah pendekatan terhadap kebenaran itu, dan kebenaran tafsir berbanding lurus dengan luas dan dalamnya ilmu penafsir, semakin luas dan dalam ilmu penafsir maka kemungkinan akan kesalahannya akan semakin kecil, namun ilmu penafsir tak akan seluas dan sedalam ilmu Allah, sehingga tafsir tak mutlak benar.
Adapun saya sebagai seorang yang memiliki kedangkalan dan kesempitan ilmu, maka tidak lebih baik jika menafsir Quran sekehendak diri, akan lebih baik jika saya bertaqlid kepada penafsir-penafsir dengan keluasan ilmu mereka.
Begitu pula, tak semestinya setiap orang langsung merujukkan aktivitas dan keputusannya kepada Nabi Muhammad tanpa memiliki kemampuan menafsir bahasa Muhammad, maka tidak sepantasnya kami yang awam disalahkan jika bertaqlid pada aulia, alim, syaikh, kiai, daripada kami menafsir sekehendak diri dan merasa tafsir kami yang lebih mendekati kebenaran yang dibawa Muhammad.
waAllahu a'lam.
Share:

0 komentar: