Soleboh | Pertama Bertemu

Perkenalanku dengan Soleboh terjadi ketika aku hampir lulus SMP. Aku diperkenalkan oleh Pak Jack Jaka Santosa dengan makhluk yang bernama Soleboh. Seorang abdi Kadipaten Nurwantoro di tahun 1000an Masehi. Aku tak tahu bagaimana ia menyusuri waktu hingga mampu menembus dimensi millenium 2000 dan berjumpa denganku. Dan setelah pertemuan itu, aku belum lagi bertemu dengannya.
Hingga akhir-akhir masa kuliahku ia mulai menghantui mimpiku. Ia mengajakku bermain ke masa silam dimana Indonesia belum terlahir, dimana Nusantara masih bersekat dalam kerajaan. Dan bahkan aku tidak paham dengan caranya membawaku ke masa silam. Tapi itu yang terjadi. Dan aku tidak banyak bercerita kepada teman-temanku karena aku tak mau ditertawakan atas pertemuanku dengan Soleboh.
Pun jika aku bercerita, aku hanya akan dianggap sebagai si Aneh. Atau mungkin sebagai tukang khayal, sehingga ada orang yang mampu bermain dalam dimensi waktu. Namun terlepas dari olok-olok mereka, inilah yang terjadi. Dan terlepas dari cara Soleboh membawaku, tapi inilah jalan Tuhan. Ketika ia mengijinkan sesuatu, maka itu terjadi. Seperti yang dikatakan Si Kuma, "Kalau Allah menakdirkan Lailatul Qadr itu terjadi di siang hari, Lha sak karepe Allah, meskio itu gak masuk nalarmu"
Share:

0 komentar: