Soleboh | Mengabdikan Ilmu

Soleboh menyanyi "Engkau Sarjana muda / Resah mencari kerja / Mengandalkan ijazahmuuu "
"Sebentar boh, kok tumben kamu nyanyi begitu, kaya dijamanmu ada kuliah aja. kaya kamu anak kuliahan aja." Sela Bung Pono
"Lagune kepenak je Bung"
"Ha terus?"
"Yo ga pie-pie. Tapi aku bingung je Bung, anak-anak sekarang itu nyari ijasah itu kebanyakan buat dua tujuan, pertama pekerjaan dan kedua ijab sah."
"Lha kok bingung ta Boh, kamu masih inget pesen Gurumu, Ki Sahid, to?"
"Masih lah Bung, beliau berpesan 'Carilah ilmu agar kamu bisa mengabdi, dan sebaik pengabdian adalah pengabdian kepada Allah, maka ilmu agar kamu bisa mengabdi kepada Allah adalah ilmu fiqih. Sedangkan ilmu pengetahuan yang lain juga menuntut untuk digunakan untuk mengabdi, bukan untuk bekerja. Karena lama waktu telah kamu pertaruhakan, menjalani Tapa Brata, Tapa Laku, dan Tapa Ngrame sehingga kamu mendapati ilmumu sekarang. Jika perjuanganmu untuk ilmu kamu gadaikan kepada sebuah tujuan pekerjaan, tujuan dunia, tujuan uang, tujuan jabatan, itu seperti kamu merendahkan martabat ilmu, dan kamu merendahkan perjuanganmu sendiri. kamu harus berpikir panjang akan kau gunakan untuk apa ilmumu. Gunakanlah untuk mengabdi pada bangsa dan negara untuk mendapat Ridla Palilahe Gusti Kang Murbeng Dumadi.'."
Share:

1 komentar:

Maryoto bin maridin mengatakan...

mantab inilah ilmuwan sejati